PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU XENIA PADA PT NUSANTARA INDAH DAIHATSU KOTA BANJARMASIN

  • Ahmad Trodjen Fadhallah Jurusan Administrasi Bisnis, Prodi Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • M.Wahyu Wardhana Jurusan Administrasi Bisnis, Prodi Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rika Novyanti Jurusan Administrasi Bisnis, Prodi Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui komponen brand image yang terdiri dari corporate image, user image, product image berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Xenia pada PT Nusantara Indah Daihatsu Kota Banjarmasin, dan (2) untuk mengetahui komponen brand image yang terdiri dari corporate image, user image, product image yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Xenia pada PT Nusantara Indah Daihatsu Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel Brand Image (corporate image, user image dan product image) dengan Sig F 0,000 < 0,05 dengan F hitung 12,766 (F hitung > F tabel = 12,766 > 2,901), hal tersebut berarti ketiga variabel Brand Image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Xenia pada PT Nusantara Indah Daihatsu Kota Banjarmasin, dan (2) variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Xenia pada PT Nusantara Indah Daihatsu Kota Banjarmasin adalah user image dengan nilai T hitung 5,312 sedangkan Corporate Image hanya 1,981 dan Product Image hanya 0,919.

Published
2018-12-25