ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRESTASI MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI REGULER A DI FAKULTAS EKONOMI DAN,BISNIS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT)

  • Ainun Nisa Program Studi S1,Akuntansi, Fakultas Ekonomi..dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Chairina Chairina Program Studi S1,Akuntansi, Fakultas Ekonomi..dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Keywords: Gaya Mengajar Dosen, Asistensi, Struktur Perkuliahan, Fasilitas Belajar, Akuntansi Keuangan Menengah, Prestasi Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari gaya mengajar dosen, asistensi, struktur perkuliahan, dan fasilitas belajar terhadap prestasi,,belajar mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler A Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan tahun 2014 dan angkatan tahun 2015. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Sampel sebanyak 171 orang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya mengajar dosen berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah, (2) asistensi tidak berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah. (3) struktur perkuliahan tidak berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah, dan fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah.

Published
2018-12-25