PERSEPSI PERANGKAT DESA MENGENAI PELATIHAN, MOTIVASI, DAN PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP KINERJA PEMERINTAHAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA DI KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)

  • Aristanti Yunita Sri Yudhitaningsih Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Lili Safrida Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Keywords: Pelatihan, Motivasi, Pengelolaan Dana Desa, Kinerja Pemerintah

Abstract

Aristanti Yunita, Lili Safrida (2018) Persepsi Perangkat Desa Mengenai Pelatihan, Motivasi, Dan Pengelolaan Dana Desa Terhadap Kinerja Pemerintah Desa Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, motivasi, dan pengelolaan dana desa terhadap kinerja pemerintah desa Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Analisis pengaruh terdiri dari pengaruh simultan dan parsial.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling dengan penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh negatif terhadap kinerja pemerintah desa serta motivasi dan pengelolaan dana desa berpengaruh positif terhadap kinerja pemerintah desa Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Published
2018-12-25