PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT PASAR GARUDA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

  • Ernawati Ernawati Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Mei Ridha Yuniarti Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
Keywords: Kredit Usaha Rakyat, kinerja, pelaksanaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kredit usaha rakyat dan untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan kredit usaha rakyat terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Garuda Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Garuda Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah sebanyak 16 orang karyawan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, angket dengan skala likert, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan estimasi regresi sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan kredit usaha rakyat sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan kredit usaha rakyat yang telah ditetapkan. Selain itu jumlah debitur mengalami peningkatan sebelum dan sesudah pemberian kredit usaha rakyat yaitu dari 307 orang menjadi 566 orang atau meningkat sebesar 54% pertahun. Hasil persamaan regresi Y = 30,809 + 0,732X. Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 8,434 lebih besar dari ttabel 2,14479, hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif dan signifikan yang diberikan pelaksanaan kredit usaha rakyat terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Garuda. Hasil koefisien determinasi menunjukkan angka 0,817 yang berarti bahwa varian perubahan kinerja karyawan dipengaruhi oleh pelaksanaan kredit usaha rakyat sebesar 81,7% dan sisanya 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.

Published
2018-12-25