MENGEMBANGKAN LIFESKILL MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD

  • Isna Wardiah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Subandi Subandi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Yoenie Indrasary Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Life skills, Hard skills, Soft skills, STAD, Mahasiswa

Abstract

Perguruan tinggi bertugas menyiapkan lulusannya untuk memasuki dunia kerja dengan memperhatikan aspek life skills mahasiswa, khususnya keseimbangan soft skill dan hard skill. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah metode pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan soft skill (kemampuan bekerjasama dalam tim, disiplin, kemampuan berkomunikasi, kreatifitas) dan hard skill mahasiswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada matakuliah matematika terapan I dengan objek mahasiswa semester I prodi Teknik Informatika. Dilaksanakan dalam dua siklus tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Analisa soft skill didapat dengan menghitung rata-rata skor indikator soft skill dalam lembar observasi, sedangkan hard skills dengan mengukur rerata nilai tes. Kesimpulan indikator indikator softskill yang ditetapkan peneliti berupa teamwork, kemampuan berkomunikasi, disiplin dan kreativitas telah berhasil ditingkatkan, dimana nilai setiap indikator yang telah melebihi nilai 2,4 dengan kriteria hasil siklus pertama ‘Baik’ menjadi ‘Sangat Baik’ pada siklus kedua, jadi metode STAD telah berhasil meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa. STAD juga telah berhasil meningkatkan Hard skill mahasiswa pada mata kuliah matematika terapan I, hal ini dibuktikan dari data 50.4 % mahasiswa memperoleh nilai lebih dari 65, jumlah ini bahkan meningkat di siklus II menjadi 87.8 % mahasiswa.

Published
2018-12-25