ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA KEPADA DOSEN (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN)

  • Nailiya Nikmah Dosen Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Noor Romy Rahwani Dosen Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fitriani Fitriani Jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Etika, Komunikasi, Etika Komunikasi Mahasiswa, Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Etika merupakan salah satu aspek penting yang menjadi bagian setiap profesi. Isu-isu etika muncul dalam semua jenis komunikasi termasuk komunikasi interpersonal, komunikasi politik, komunikasi organisasi, iklan dan media berita. Etika menimbulkan keterampilan intelektual, yaitu keterampilan berargumentasi secara rasional dan kritis.

Etika tidak hanya menjadi problematika di kalangan masyarakat biasa tetapi juga menjadi fenomena di lingkungan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etika komunikasi mahasiswa terhadap dosen melalui media sosial dan etika berbahasa mahasiswa kepada dosen di lingkungan kampus.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi. Sampel diambil dengan teknik acak berjenjang (stratified random). Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang komunikasi, khususnya di lingkungan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin.

Published
2018-12-27