PERSEPSI DAN PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP PRODUK HALAL

  • Mochammad Arif Budiman Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Mairijani Mairijani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Nurhidayati Nurhidayati Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: persepsi, perilaku, konsumsi, masyarakat Muslim, produk halal

Abstract

Peredaran berbagai produk yang tidak memiliki jaminan halal di Indonesia saat ini sepertinya semakin meluas. Sirkulasi yang merajalela ini tentu tidak terlepas dari tuntutan masyarakat itu sendiri. Kondisi ini cukup ironis mengingat Indonesia dengan populasi mayoritas Muslim sudah memiliki Undang-Undang Jaminan Produk Halal yang mengharuskan semua produk yang diperdagangkan di seluruh negeri memiliki sertifikat halal dari otoritas yang berwenang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi dan perilaku konsumsi produk halal dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mengonsumsi produk halal di komunitas Muslim, terutama di kalangan pegawai Politeknik Negeri Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap produk halal relatif sudah tinggi sebagaimana ditunjukkan oleh tingkat pengetahuan tentang produk halal, persepsi terhadap keamanan produk halal, dan persepsi terhadap kesehatan produk halal. Perilaku konsumsi terhadap produk halal juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumsi produk halal adalah variabel pengetahuan tentang produk halal dan persepsi terhadap kesehatan produk halal.

Published
2019-12-22