Analisis Kinerja Persimpangan Jalan Bersinyal Pada Perempatan Jalan Putri Ciptasari Kabupaten Kotabaru

  • Sylvina Permatasari
Keywords: Lalu Lintas, Kinerja Persimpangan, Kapasitas, Derajat Kejenuhan

Abstract

Simpang empat pasar Limbur Raya adalah pertemuan empat buah jalan yang cukup ramai di Kabupaten Kotabaru  yaitu jalan Surya Gandamana, jalan Putri Ciptasari, jalan Singabana dan jalan pasar sendiri yang dari waktu-kewaktu bertambah padat jumlah pengguna jalan tersebut karena merupakan salah satu jalur utama yang menggunakan prasarana jalan raya. Persimpangan jalan tersebut merupakan simpul pada jaringan jalan dimana ruas jalan bertemu dan lintasan arus kendaraan berpotongan. Lalu lintas pada masing-masing kaki persimpangan menggunakan ruang jalan pada persimpangan secara bersama-sama dengan lalu lintas lainnya. Oleh karena itu persimpangan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan khususnya di daerah - daerah perkotaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kapasitas simpang bersinyal pada persimpangan, faktor-faktor yang mempengaruhi  kapasitas  simpang dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja simpang.Kapasitas terhadap  kinerja simpang pada seluruh pendekat sebesar 7.842 SMP/jam dengan nilai Derajat Kejenuhan sebesar 0,61. Setelah dilakukan perencanaan ulang, kapasitas pada seluruh pendekat dapat bertambah, dengan bertambahnya kapasitas pada tiap-tiap pendekat maka nilai derajat kejenuhan  diperkecil sehingga kurang dari 0,85. Faktor yang mempengaruhi kapasitas di simpang bersinyal antara lain adalah tingkat hambatan samping dan fase sinyal. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja simpang Puteri Ciptasari adalah dengan melakukan beberapa hal antara lain  dengan penambahan lebar jalan, menyediakan  tempat parkir diluar bahu jalan agar  hambatan samping berkurang dan perubahan fase sinyal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Pengembangan Jalan Kota, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) phase IV 1997, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum RI.
Direktorat Jendral Bina Marga, September 1997, Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan RI.
Eric Goldman Sinar, 2010. Analisis Pengaturan Lampu Lalu Lintas Dengan Metoda MKJI (Studi Kasus Simpang Bersinyal Uin Kalijaga Yogyakarta). Laporan Tugas Akhir
Febrina Ishak Syahabudin, Theo K. Sendow, Audie L. E.Rumayar, 2015. Perencanaan Lampu Pengatur Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Sultan Hasanudin dan Jalan Ari Lasut Menggunakan Metode MKJI. Jurnal Sipil Statik Vol.3
Ferli Febrian, 2014. Analisis Perencanaan Penerapan Persimpangan Bersinyal Dinamis (Actuated Traffic Control System) Pada Persimpangan Dikota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol.2.No.3
http://www.academia.edu/9582478/Rekayasa Lalu Lintas dan Persimpangan Jalan
Khisty, Jotin C dan Lall, Kent B. 2005, Dasar – dasar Rekayasa Transportasi Edisi ke-3. Jakarta, Erlangga.
Miro, Fidel, 2011, Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Rahmat. 2014. Analisis Kinerja Persimpangan Jalan Veteran – Surya Gandamana – Pangeran Hidayat Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Tugas Akhir.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum.
Warpani, P Swardjoko, 2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bandung. ITB.
Published
2020-01-08