Implementasi Electric Motorcycle Management System Pada Suzuki Shogun SP125

  • Yuan Perdana
  • Saberani Saberani
  • Edi Yohanes
Keywords: EMMS, Suzuki shogun SP125, elektrik, sepedamotor

Abstract

Dalam beberapa tahun ini, pemerintah Indonesia memberikan perhatian kepada sepedamotor listrik. Revolusi industri 4.0 memaksa berbagai aspek kehidupan untuk ikut berubah khususnya perubahan kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik. Tidak seperti kendaraan kovensional dengan mesin berbahan bakar , kendaraan listrik sangat dipengaruhi dari karakteristik listrik dan komponen kelistrikan seperti motor, baterai dan inverter. Selain itu, dengan peningkatan kebutuhan kontrol untuk komponen kelistrikan, maka sangat dibutuhkan pengembangan metode kontrol untuk dapat menjaga keselamatan dan memperpanjang pemakaian tiap-tiap komponen. Electric motorcycle management system (EMMS) adalah perencanaan dan penggunaan sistem sepeda motor listrik seperti sistem kontrol, baterai sebagai sumber listrik, motor penggerak, dan komponen lainnya untuk mendapatkan efisiensi sepeda motor bertenaga listrik. Penelitian ini bertujuan memodifikasi chasis dan sistem kelistrikan Suzuki Shogun SP125 agar dapat dijadikan sepedamotor listrik. Penelitian ini menggunakan chasis dan cover Suzuki Shogun SP125, Motor BLDC 48 V 800-1000 W, Controller 800-1000 W, Throttle sepedamotor listrik, 4 buah baterai 12V 20Ah, dan Charger baterai 48 Volt. Hasil yang didapat setelah implementasi electric motorcycle management system pada Suzuki Shogun SP125 adalah kecepatan statis sepeda motor 30-40 km/jam, penggunaan baterai selama kurang lebih 1 jam  dengan lama pengisian baterai selama 7-8 jam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, M. (2017) PERANCANGAN SEPEDA MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING. Yogyakarta.
Kamajaya, F. S. and Ulya, M. M. (2015) ‘Analisis Teknologi Charger Untuk Kendaraan Listrik - Review’, Rekayasa Mesin, 6(3), pp. 163–166.
Lee, T. and Kim, B. (2014) ‘Failure Safety Method According to Battery’s State-of Charge Condition in Electric Motorcycle’, 7(5), pp. 41–48.
Nurhadi; Polinema (2018) ‘PENGEMBANGAN SEPEDA MOTOR LISTRIK SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN’, SENIATI 2018, (February), pp. 249–255. Available at: https://www.researchgate.net/publication/323868652%0APENGEMBANGAN.
Sirait, S. E. (2017) Indonesia Mulai Digempur Produk Sepeda Motor Listrik. Available at: https://news.okezone.com/read/2017/06/08/15/1710576/indonesia-mulai-digempur-produk-sepeda-motor-listrik.
Viar Motor Indonesia (2018) Perkembangan Sepeda Motor Listrik di Indonesia. Available at: https://www.e-viar.com/article/perkembangan-sepeda-motor-listrik-di-indonesia.
Wahyudi Budi Pramono, Habib Putra Pratama, W. (2016) ‘PERANCANGAN MOTOR LISTRIK BLDC 10 KW UNTUK SEPEDA MOTOR LISTRIK’, SNATIF, pp. 113–120.
Published
2018-12-25