Analisa Intensitas Tenaga Surya Terhadap Kinerja Pompa Sentrifugal Di Km. Binaiya PT. Pelni Indonesia

  • Rusman Rusman
  • Erry Yadie

Abstract

Energi listrik di kapal sangat dibutuhkan karena untuk mengoptimalkan semua kegiatan dikapal salah satunya adalah penyediaan air bersih untuk para crew dan penumpang. Kegiatan penggunaan air sangat meningkat diwaktu jam 06.00 dan jam 17.00. Dimana kegiatan tersebut adalah pada saat crew dan penumpang pada melakukan aktivitas mandi. Ketersediaan air sangat diharapkan agar segala kegiatan pemakaian air tetap stabil. Dengan penggunaan air tersebut tentu membutuhkan energi listrik untuk menyalakan pompa air. Energi listrik yang dulunya bersumber ke permesinan bantu (generator). Dengan penggunaan energi tenaga surya dalam penyediaan air bersih di KM. BINAIYA PT. PELNI INDONESIA akan mensubtitusi energi listrik yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pompa sentrifugal dengan menggunakan tenaga surya, dan pengamatan yang dilakukan adalah terkait dengan ketinggian tangka air,intensitas yang dihasilkan solarsel,dan debi air yang dihasilkan pompa sentrifugal. Hasil penelitian yang didapatkanyaitu besarnya kapasitas air yang dihasilkan pompa Sentrifugal ketika intensitas matahari maksimum adalah 28 liter per menit pada total head 3 meter dan minimum adalah 10 liter per menit pada total head 9 meter serta dalam mengisi daya baterei selama 2 jam daya tahan baterei setelah matahari minimum dalam mensuplay daya ke pompa Sentrifugal tersebut selama 60 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arrohman Roni Eka, Setiawan Ahmad Agus, dan Sihana. (2012). Perancangan
Sistem Pengangkatan Air Tenaga Surya di Kecamatan Tepus Kabupaten
Febrinanda Dhimas Prakoso (2009).Kinerja Pompa Air Portable Berdasarkan
Intensitas Tenaga Surya.
Gunungkidul. Jurnal TEKNOFISIKA. Vol 1 No.1: 134.
Azet Surya Lestari, PT. (2005). Informasi Umum Pemanfaatan Pompa Air Tenaga Surya. Tangerang: PT. Azet Surya Lestari.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pengenalan Program Energi Terbarukan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Indonesia. Bandung: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK).
Kusuma Wardhany, Arum. (2013). Pengaruh Ekstrak Hibicus Rosa-Sinensis Terhadap Serap Sel Fotovoltaik. Skripsi. Universitas MuhammadiyahSurakarta.
Septayudha, Arie, Warsito Agung, dan Karnoto. (2010).Perancangan Inverter Jenis Push-Pull Dan On/Off Battery Charger
Naufal Anis, Muhammad. (2013). Energi Terbarukan dan Alternatif. Dalam http://energitakterbatas.blogspot.com/2013/03/jenis-jenis-panel-surya.html.Diunduh tanggal 23 september 2013 pukul 15.00. Regulator (Bcr) Pada Aplikasi Fotovoltaik Sebagai Sumber Energi Untuk Pompa Air atau Penerangan. Skripsi. UniversitasDiponegoro.
Sarwoko. (2012). Uji Karakteristik Sel Surya pada Sistem 24 Volt DC sebagai Catudaya pada Sistem Pembangkit Tenaga Hybrid. Skripsi. Universitas Negeri Jakart
Published
2018-12-25