Analisis Kepadatan Tanah Dengan Menggunakan Alat DCP (Dinamic Cone Penetration) Di Desa Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu

  • Sylvina Permatasari
Keywords: Kepadatan Tanah, DCP, CBR Lapangan

Abstract

Untuk perencanaan jalan faktor utama yang perlu diperhatikan adalah nilai CBR (California Bearimg Ratio) dari tanah tersebut karena akan berpengaruh pada tebal perkerasan rencana. Untuk menemukan nilai CBR didapatkan dari pengujian lapngan yaitu DCP (Dinamic Cone Penetrometer). Metode untuk pengujian DCP ini dilakukan di titik kiri, tengah, dan kanan setiap jarak 50 meter dengan menggunakan metode zig-zag. Dalam perencanaan tebal lapisan perkerasan bawah dan lapisan perkerasan atas serta lapis permukaan tanah, terlebih dahulu harus di uji kepadatan tanahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepadatan tanah pada ruas jalan masuk Pantai Madani Tanjung Batu Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu agar akses jalan menjadi mudah dilalui sehingga dapat membantu pengguna jalan untuk dapat lebih mudah dalam mengakses jalan tersebut. Dari hasil pengujian nilai DCP, nilai CBR, CBR desain dan nilai DDT (Daya Dukung Tanah) pada ruas Jalan masuk Pantai Madani Tanjung Batu Desa Sungai Loban menunjukkan rata-rata nilai DCP adalah 43,34 mm, sedangkan rata-rata nilai CBR yang didapatkan adalah 1,224%, desain nilai CBR adalah 1,1% dan nilaiĀ  DDT adalah sebesar 2,047%. Nilai CBR desain/rencana yang didapat belum memenuhi standar nilai CBR yang sudah ditetapkan yaitu antara 5-12% sehingga perlu dilakukan pemadatan kembali pada tanah dasar karena tidak memenuhi standar nilai CBR yang sudah ditetapkan dan sebaiknya ditambahkan perkerasan jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen PekerjaanUmum, 2010. Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan Dan Rekayasa Sipil Cara Uji CBR (California Bearing Ratio) Dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP).
Hardiyatmo, H. C., 2012, Mekanika Tanah I, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Joel, Julio, 2016. Menerapkan Pengujian DCP Sebagai Solusi Untuk Mendapatkan Nilai CBR Lapangan Pada Proyek Pelebaran Ruas Jalan Tumpaan-Lopana Di-Kab. Minahasa Selatan. Politeknik Negeri Manado: Jurusan Teknik Sipil, Manado.
Juansyah, Yan, 2016.Analisis Karakteristik Tanah Timbunan Ditinjau Dari Hubungan Gradasi Butiran Tanah Dengan Nilai CBR Rendaman Dan Tanpa Rendaman, UniversitasMalahyati, Bandar Lampung.
Monitja, S, dkk, 2013.Korelasi Antara Tegangan Geser Dan Nilai CBR Pada Tanah Lempung Ekspansisif Dengan Bahan Campuran Semen, Universitas Sam Ratulangi.
Masykur, Septyanto Kurniawan, 2017. Analisa Pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Untuk Daya Dukung Tanah Pada Perkerasan Jalan Overlay.Universitas Muhammadiyah Metro: Jurusan Teknik Sipil.
Pradipta, Welly, 2010. Spesifikasi Umum Bina Marga Divisi 3 Pekerjaan Tanah.
Sari, Triana, 2017.Analisis Kepadatan Tanah Dengan Metode California Bearing Ratio (CBR) Pada Ruas Jalan Masuk Jembatan Penyeberangan Tanjung Serdang-Batu Licin Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil: Politeknik Kotabaru.
Sumarna, Tatang (2015).Pengujian Daya Dukung Lapis Tanah Dasar (Subgrade) Pada Tanah Timbunan Untuk Lapisan Jalan Dengan Alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer).Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bandung.
Sukirman, Silvia. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova, Bandung.
Published
2018-12-25