Evaluasi Ekonomi Teknik Sistem Off Grid Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Bayu Baru, Bantul, D.I. Yogyakarta

  • Bambang Winardi
  • Ajub Ajulian Zahra
Keywords: Evaluasi, Optimasi, Hybrid, NPC, COE

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Bayu Baru adalah pembangkit listrik yang terdiri dari PLTS dengan panel surya dan PLTB dengan turbin angin. PLTH Bayu Baru secara rutin harus dievaluasi karena komponen-komponen PLTH Bayu Baru yang rentan terhadap kerusakan dikarenakan hampir semua komponen pembangkitan berada di lapangan. Evaluasi ini bertujuan agar kontinyuitas penyaluran energi listrik tetap terjaga.  Kinerja  PLTH Bayu Baru dapat diukur melalui kinerja tiap komponen pembangkitannya. Kinerja panel surya dan turbin angin PLTH Bayu Baru dapat diukur melalui daya keluaran dari komponen tersebut. Simulasi software HOMER dapat menghitung tingkat ekonomis dari PLTH Bayu  Baru dan dapat mengoptimasi desain sistem pembangkit hybrid berdasarkan nilai NPC terendah. Hasil simulasi dengan software HOMER, keseluruhan sistem PLTH Bayu Baru dengan project life time 25 tahun membutuhkan NPC sebesar $ 583.569, dan COE sebesar $ 1,198/kWh. Komponen pembangkit yang paling ekonomis pada PLTH Bayu Baru adalah turbin angin berkapasitas 5kW dan 2,5kW didasarkan pada nilai LCOE $ 0,190 dan $ 0,171/kWh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank Central Republik Indonesia. 2010. Kurs Transaksi Bank Indonesia 3 September 2010. Diakses dari http://bi.go.id/biweb/Tamplates/Moneter/ Default_Kurs_ID
Bank Central Republik Indonesia. 2010. Suku bunga Pinjaman Investasi yang Diberikan Menurut Kelompok Bank. Diakses dari : http://www.bi.go.id/web/id/moneter/ BI+Rate/Data+BI+Rate.
Bank Central Republik Indonesia. 2010. BI Inflasi. Diakses dari : http://bi.go.id/biweb/Tamplates/Moneter/ Default_Inflasi.
Getting Started Guide for Homer Legacy Version 2.68, National Renewable Energy Laboratory of US, 2011.
Handini Wike, 2010. “Analisis Hasil Simulasi Perangkat Lunak Homer dan Vipor Pada Studi Kasus Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida di Wilayah Benkunat Lampung Barat”, Tesis Universitas Indonesia
Soetedjo Aryuanto, Abraham Lorni, Yusuf Ismail Nakhoda, 2011. “Pemodelan Sistem Pembangkit Listrik Hibrid Angin Surya”, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Malang,
Taufik Chemistryadha Wijaya, 2014. “Optimasi Potensi Energi Terbarukan untuk Sistem Pembangkit Hybrid di Desa Margajaya Bengkulu Utara Menggunakan Perangkat Lunak Homer”, Penelitian, Teknik Elektro, Universitas Diponegoro. Semarang.
Tri Suhartanto, 2013 “Analisis Kinerja Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (Angin dan Surya) Di Pantai Baru Pandansimo Bantul Yogyakarta”, S2 Tesis, Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta,.
Undang-undang nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan
Published
2018-12-25