Noise Reduction Pada Screen Capture Kamera CCTV Dengan Menggunakan Diskrit Wavelet Transformation

  • Memen Akbar
  • Luqman Hakim
  • Muhammad Ihsan Zul
Keywords: reduksi noise, CCTV, screen capture, transformasi wavelet diskrit

Abstract

Salah satu fungsi utama digunakannya CCTV pada suatu lingkungan adalah untuk meningkatkan keamanan. CCTV dapat menampilkan dan menyimpan semua kejadian pada suatu lingkungan. Namun, seringkali gambar hasil screen capture dari CCTV tidak jelas. Hal ini bisa jadi dikarenakan resolusi kamera CCTV yang memang kurang tinggi. Penelitian menerapkan metode transformasi wavelet diskrit dari keluarga Daubchiess untuk mereduksi noise dari gambar hasil screen capture kamera CCTV. Reduksi noise dilakukan pada gambar berwarna melalui 3 langkah, yaitu dekomposisi gambar, thresholding, dan rekonstruksi hasil denoising. Pada dekomposisi citra yang didapatkan dari screen capture kamera CCTV digunakan transformasi wavelet dari keluarga Daubchiess, nilai thresholding didapatkan dengan metode median filter untuk memotong nilai yang dianggap sebagai noise dari citra. Gambar yang telah melewati median filter kemudian direkonstruksi untuk mendapatkan citra dengan noise yang telah berkurang. Gambar hasil rekonstruksi juga berupa gambar berwarna. Gambar hasil denoising telah diuji dengan membandingkannya dengan gambar asal secara kasat mata, melalui nilai histogram, dan nilai PSNR. Dari ketiga pengujian tersebut, didapatkan bahwa denoising menggunakan transformasi wavelet diskrit dapat dilakukan meskipun kualitas citra hasil denoising masih kurang karena nilai PSNR yang cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atlantic, S. a. N. W. S. C., 2013. CCTV Technology Handbook. New York: National Urban Security Technology Laboratory.
Bire, C. E. & Cahyono, B., 2012. Denoising Pada Citra Menggunakan Transformasi Wavelet. Semarang, s.n., pp. 487-493.
Fitriani, 2013. Impulse Noise Detection Dan Removal Pada Citra Digital Menggunakan Metode Modified Median Filter, Pekanbaru: s.n.
Gunara, A., Tritoasmoro, I. I. & Raharjo, J., 2007. Analisa Perbandingan Reduksi Noise Pada Citra Antara Discrete Wavelet Transform (Dwt) Dengan Dual-Tree Complex Wavelet Transform (DTCWT). Bali, s.n., pp. 130-136.
Handoko, W., Ardhianto, E. & Safriliyanto, E., 2011. Analisis Dan Implementasi Image Denoising dengan Metode Normal Shrink sebagai Wavelet Thresholding Analysis. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Januari, 16(1), pp. 56-63.
Mubarak, F., Adiwijawa & Baizal, Z. A., 2012. Analisis Dan Implementasi Reduksi Noise Pada Citra Dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor, s.l.: s.n.
Murinto, Aribowo, E. & Syazali, R., 2007. Analisis Perbandingan Metode Intensity Filtering Dengan Metode Frequency Filtering Sebagai Reduksi Noise Pada Citra Digital. Yogyakarta, s.n., pp. 13-17.
Nugroho, H., 2017. Image Enhancement Pada Screen Capture CCTV Dengan Menggunakan Metode Histogram Ekualisasi. KINETIK, Mei, 2(2), pp. 99-106.
Oceandra, M. H., 2013. Pengurangan Noise Pada Citra Digital Menggunakan Metode Statistik Mean, Median, Kombinasi Dan Rekursif Filter, Pekanbaru: s.n.
Ratna, D. & Khukmiati, H., 2004. Penerapan Transformasi Wavelet Diskrit untuk Reduksi Noise pada Citra Digital. LIMITS, 1(1), pp. 49-57.
Riyanto, n.d. Mereduksi Noise. In: Praktikum Pengolahan Citra Digital. Surabaya: s.n.
Published
2018-12-25