Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus : SDK Wairpelit

  • Petrus Wolo
  • Ariyanto Sambi
  • Christian Alden Pibe
  • Fransiska Ismayanti
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weigthing, Seleksi Beasiswa

Abstract

Beasiswa dapat dikatakan sebagai pembiayaan yang tidak bersumber dari pendanaan sendiri atau orang tua, tetapi diberikan oleh pemerintah lembaga pendidikan karena prestasi seseorang dapat diberikan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan. Penentuan pemberian beasiswa di SDK Wairpelit masih mengalami kendala pada proses pengambilan keputusan untuk menentukan siswa yang berhak mendapatkan beasiswa karena proses penilaian tidak selalu diputuskan berdasarkan perhitungan yang pasti dan pemberian beasiswa yang belum tepat sasaran. Untuk membantu menetapkan siswa yang mendapatkan beasiswa maka dibuatlah sistempen dukung keputusan penerimaan beasiswa miskin di SDK Wairpelit. Metode  SAW (Simple  Additive Weigthing) akan diaplikasikan dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini. Metode ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut,kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam kasus ini adalalah siswa yang berhak dan layak menerima beasiswa dengan kriteria yang ada. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem yang dibangun telah berjalan sesuai dengan rancangan, yaitu dapat menampilkan siswa yang layak berdasarkan kriteria dan kuota beasiswa untuk mendapat beasiswa miskin di SDK Wairpelit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal., 2010,”Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negeri”, Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 5 No.2.
Dedi, dkk, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Untuk Menentukan Mahasiswa Berprestasi Berbasis Web Dengan Metode AHP, Mahasiswa STMIK Bina Sarana Global.
Kusumadewi, dkk, 2006, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta ,PenerbitGrahaIlmu.
Pamungkas, dkk, 2016, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Kurang Mampu SMK Harapan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW).
Pahlevy RT, 2011, Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perima Beasiswa dengan Menggunkan SAW, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Sura.
Rochmasari dkk., 2007, Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru dengan metode AHP, Jurnal Teknologi Informasi, Volume 6 Nomor 1.
Saputra, 2016, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa PPA Dan BBM Pada Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Sumbar,Riau,Jambi Dan Kepri diKopertis Wilayah X Padang, STMIK Indonesia, Padang.
Saaty., 2008, Decision making with the analytical hierarchy process, Int. J. Services Sciences, Vol.1, No.1, University of Pittsburgh. Jandric,Z.
Yulianti, dkk, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beasiswa Bagi Siswa SMAN 9 Padang Dengan Menggunakan Metode Ahp (AnalyticalHierarchy Process),Mahasiswa Teknik Informatika, Padang.
Wolo, Petrus., 2011, Analisis dan Usulan Solusi Sistem Untuk Mendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIV Program Studi MMT-ITS, Surabaya.
Published
2018-12-25