Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru

  • Soegiarto Soegiarto
  • Eka Chandra Kirana
Keywords: Layanan Admnistrasi Masyarakat, Kantor Kelurahan, Berbasis online

Abstract

Pelayanan kepada masyarakat menjadi salah satu aspek paling penting di dalam pelaksanaan fungsi pemerintahan. Pemerintah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik sebagai implikasi dari fungsi aparatur negara dimana pemerintah adalah pelayan masyarakat terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan dengan membentuk sistem administrasi pemerintahan yang dimulai dari pemerintahan tertinggi (tingkat pusat) sampai kepemerintahan terendah (desa/kelurahan) agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Pada tingkat desa/kelurahan, proses layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat umumnya masih dilakukan dengan cara manual. Pemohon layanan harus datang ke kantor Kelurahan untuk mengetahui prosedur layanan, mengantri dalam mendapatkan layanan, sehingga proses layanan membutuhkan waktu yang sering kali melebihi standar waktu maksimal yang telah ditetapkan.  Ketidakpastian selesainya layanan yang tertunda pada hari-hari berikutnya juga sering terjadi akibat tidakadanya mekanisme untuk memantau progres penyelesaian layanan. Petugas layanan juga tidak dapat secara leluasa bekerja dalam memberikan layanan karena harus berada pada tempat dan waktu yang telah ditetapkan. Paper ini menyajikan sebuah model aplikasi sistem pelayanan masyarakat secara terpadu pada kantor kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru yang dapat digunakan oleh petugas pelayanan pada bagian Ekonomi dan Pembangunan, bagian Kesejahteraan dan Sosial, serta bagian Pemerintahan dalam memberikan layanan administrasi kepada masyarakat berupa layanan pembuatan berbagai jenis surat rekomendasi dan surat keterangan secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Pengembangan (R&D / Research and Development) yaitu mengimplementasikan beberapa tahapan pada model  pengembangan Perngkat Lunak SDLC (System Development Life Cycle). Hasil uji user (user acceptance) menunjukkan bahwa aplikasi sistem yang dibangun dapat membantu mempermudah masyarakat dan manajemen di kantor Kelurahan, serta mempercepat proses layanan administrasi penduduk  kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim (2010), Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, http://www.mediapendidikan.info/2010/09/undang-undang-nomor-25-tahun-2009.html, diakses pada: 22 Juni 2018, 12.30.
Dharmasurya, A., Wahyono, T., & Somya, R., 2013, Pengembangan Sistem Terdistribusi Untuk Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dengan Integrasi Teknologi RMI dan Web Service. Jurnal Teknologi Informasi-AITI, Vol.10(1), 84-100.
Garrett B.M., Jackson C., 2006, A Mobile Clinical E-portopolio For Nursing and Medical Students Using Wireless Personal Digital Assistants (PDAs), Jurnal Nurse Education in Practice, Vol. 6, 339-346
Ginanjar A., Bambang E.P., Tri I., 2012, Pembuatan Website Profil Sekolah Sebagai Media Informasi Dan Promosi, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 9(2), 49-58
Hidayatulloh, S., & Mulyadi, C., 2015, Sistem pelayanan administrasi kependudukan desa candigatak berbasis web. Jurnal IT CIDA, Vol.1(1), 42-55.
McKimm, J., Jollie, C., Cantillon, P., 2003, Web Based Learning, Jurnal BMJ, Vol.326, 870-873
Nattestad, A., Attstrom, R., 2012, Web-based interactive learning programmes, Jurnal Dental Education, Vol. 6, 127-137
Noviyanto, F., Setiadi, T., & Wahyuningsih, I., 2014, Implementasi Sikades (Sistem Informasi Kependudukan Desa) untuk Kemudahan Layanan Administrasi Desa Berbasis Web Mobile. Jurnal Informatika, Vol. 8(1), 858-869
Pratama, I.P.A.E., 2014, Smart City Beserta Cloud Computing Dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Informatika: Bandung.
Sibaroni, Y., Setiawan, E. B., Imrona, M., & Dzuhri, F. A.,October 2015, Aplikasi Pelayanan Administrasi Penduduk Desa Berbasis Web Programing. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Vol. 1(1), H1-H6.
Published
2018-12-25