Manajemen Layanan Teknologi Infromasi: Tantangan Dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0

  • Nita Yalina
  • Indri Sudanawati Rozas
Keywords: Manajmeen Layanan Teknologi Informasi

Abstract

Di era disrupsi teknologi, adopsi teknologi merupakan sebuah keharusan di tengah meningkatnya kompetisi bisnis yang semakin meningkat. Kesalahan dalam proses manajemen layanan IT dapat berakibat fatal pada organisasi baik dari sisi finansial maupun non finansial.  Oleh karena itu, Manajemen layanan teknologi informasi adalah sebuah disiplin ilmu yang cukup penting khususnya untuk program studi sistem informasi dan manajemen bisnis. Akan tetapi, fenomena yang terjadi dilapangan, mata kuliah ini kurang diminati, hal ini dapat dilihat dari kurangnya antusiasme mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini. Sebuah survey dilakukan di program studi sistem informasi di UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mengetahui penyebabnya. Dalam tulisan ini juga akan diulas mengenai pentingnya mereview kurikulum di perguruan tinggi dalam menghadapi disrupsi teknolodi di era revolusi industry 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aoun, J. E. (2017) Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. MIT Press.
Bowers, D. and Morse, D. (2018) ‘Including IT service management in the Computing curriculum: a caricature approach’, in Computing Education Practice. University of Durham. Available at: http://libeprints.open.ac.uk/52883/1/CEP-2018 ITIL caricatures.pdf.
Cox, R. and Marriott, I. (2003) ‘Trust and control: the key to optimal outsourcing relationships’.
Crnjac, M., Veža, I. and Banduka, N. (2017) ‘From Concept to the Introduction of Industry 4.0’, International Journal of Idustrial Engineering and Management, 8, p. 21.
Galup, S. D. et al. (2009) ‘An overview of {IT} service management’, Commun. {ACM}, 52(5), pp. 124–127. doi: 10.1145/1506409.1506439.
Gunadarma. (n.d.). Kurikulum SIstem Informasi. Retrieved from http://filkom.gunadarma.ac.id/sisinformasi/page/detail/39/Kurikulum
ITS. (2014). Kurikulum 2014-2019 Program Studi S1 Sistem Informasi. Retrieved September 26, 2018, from http://is.its.ac.id/apps/masters_v2/wp-content/uploads/2015/02/bukupanduan_kurikulum2014-2019_published3.pdf
Rojko, A. (2017) ‘Industry 4.0 Concept: Background and Overview’, International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). doi: 10.3991/ijim.v11i5.7072.
STIKOM. (2016). Buku Pedoman Akademik S1 SI STIKOM. Retrieved September 26, 2018, from https://www.stikom.edu/upload/doc/Buku_Pedoman_Akademik_S1_SI_2016.pdf
Tim Kurikulum Prodi SI. (2018). Kurikulum Program Studi Sistem Informasi. Surabaya: UINSA.
UAJY. (n.d.). Kurikulum Sistem Informasi. Retrieved September 26, 2018, from http://fti.uajy.ac.id/sisteminformasi/kurikulum/mata-kuliah/
UI. (2016). Panduan Kurikulum 2016 Program Studi Sarjana Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Retrieved September 26, 2018, from https://scele.cs.ui.ac.id/static/kurikulum/Kurikulum_2016_Program_Sarjana-Fasilkom_UI.pdf
UINSAHID. (2015). KURIKULUM 2015 PRODI SISTEM INFORMASI. Retrieved September 26, 2018, from http://si.fst.uinjkt.ac.id/prodi/wp-content/uploads/2014/06/KURIKULUM-2015-PRODI-SISTEM-INFORMASI.pdf
UNSRI. (2017). Kurikulum Prodi Sistem Informasi. Retrieved from http://si.ilkom.unsri.ac.id/wp-content/uploads/2002/05/KURIKULUM-JURUSAN-SISTEM-INFORMASI-2017-BAHASA-Indonesia1.pdf
Yazici, A., Mishra, A. and Kontogiorgis, P. (2015) ‘IT Service Management (ITSM) Education and Research: Global View’, International Journal of Engineering Education.
Published
2018-12-25