Sistem Informasi Penentuan Regu Avsec(Aviation Security) Dan Manajemen Logbook Berbasis Web Di PT. Angkasa Pura I (Persero) Banjarbaru

  • Windiyani Windiyani
  • Herfia Rhomadhona
  • Winda Aprianti
Keywords: Web, WP (Weighted Product), Logbook

Abstract

Proses penentuan regu Avsec (Avition Security) dilakukan oleh deephead dan teamleader avsec. Selama ini deephead kesulitan dalam memilih dan menentukan pembagian regu sebuah tim karena saat ini pembagian regu avsec yang berjalan masih tidak efisien sehingga dapat menyebabkan kesenjangan antar personil regu. Deephead mengalami kesulitan dalam pembagian regu karena pada awalnya data personil regu tidak digunakan dengan efisien seperti data usia, keaktifan, dan dta pendidikan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya pengambilan keputusan yang tepat untuk menghasilkan sistem penglompokkan regu Avsec dengan menggunakan metode WP (Weighted Product) dengan memanfaatkan data usia, keaktifan, pendidikan dari masing-masing petugas Avsec sebagai kriteria penentuaan regu. Metode WP (Weighted Product) adalah metode untuk menentukan suatu keputusan menggunakan cara perkalian setiap atribut, dimana setiap atribut dipangkatkan dengan bobot setiap atribut yang berhubungan berdasarkan data dari petugas Avsec. Bobot setiap kriteria ditentukan oleh deephead, dimana nilai pendidikan lebih unggul dibandingkan dengan nilai keaktifan dan usia, sedangkan nilai usia dan keaktifan sama. Sistem dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database Mysql pada studi kasus di PT.Angkasa Pura I (Persero) Banjarbaru. Hasil implementasi dari Sistem Informasi penentuan Regu Avsec (Avition Security) dan Manajemen Logbook di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bajarbaru dapat menentukan pembagian regu dan memanajemen logbook dengan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., 2014. Implementasi Weighted Product (WP) dalam. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Nofriansyah, D., 2015. Konsep Data Mining Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: deepublish.
Nuryantoro, E., 2014. Integrasi sistem Elektronik Log Book Penangkapan Ikan (ELPI) Dengan Sistem Pemantau Kapal Perikanan (VMS) Untuk Pembangunan Perikanan Berkelanjutan. Jurnal Kelautan.
Palit, R. V. Y. D. R. A. S. L., 2015. Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 4.
Yoni, D. C. H. M., 2016. Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto. JUITA, Vol. IV.
Published
2018-12-25