Membangun Model Pengukuran Tingkat Kematangan Penerapan Teknologi Informasi Untuk Perguruan Tinggi Menggunakan Kerangka Kerja Cobit

  • Rahimi Fitri
  • Ida Hastuti
  • Rahmat Hidayat
Keywords: Kerangka kerja COBIT, Audit SI/TI, tingkat kematangan

Abstract

Penerapan teknologi informasi untuk mendukung pencapaian proses bisnis diperguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Politeknik Negeri Banjarmasin merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi informasi untuk mendukung berbagai kegiatan meliputi kegiatan akademik, kepegawaian, penelitian dan Pengabdian, pengelolaan keuangan dan pengelolaan sarana dan pras. Evaluasi dari penerapan teknologi harus dilakukan agar dapat diketahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehingga pimpinan dan staf terkait dapat melakukan perbaikan atau pengembangan selanjutnya. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan maka perlu dibangun suatu model audit SI/TI untuk mengukur tingkat kematangan penerapan proses TI menggunakan kerangka kerja COBIT. Metode pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kuisioner dan wawancara secara langsung kepada pimpinan dan fihak-fihak terkait di Politeknik Negeri Banjarmasin. Dengan adanya model pengukuran tingkat kematangan penerapan teknologi informasi ini, diharapkan dapat menjadi acuan dalam audit SI/TI di perguruan tinggi dan khususnya di Politeknik Negeri Banjarmasin dan hasil dari audit SI/TI dapat memberikan rekomendasi perbaikan untuk masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AP, I. (2015) ‘Penyelarasan Tujuan Bisnis dan Tujuan Teknologi Informasi untuk Pemilihan Penyelarasan Tujuan Bisnis dan Tujuan Teknologi Informasi Untuk Pemilihan Proses Evaluasi dalam Internal Kontrol TI Berdasarkan Control Objective for Information and Related Technol’, in SemantikSeminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan. doi: 10.13140/2.1.3021.6483.
Asyikin, A. N. et al. (2016) ‘MASTERPLAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK ) KANTOR PEMERINTAH DESA’, Jurnal Poros Teknik, 8(2), pp. 61–67.
Asyikin, A. N., Fitri, R. and Nugroho, A. S. B. (2015) ‘Pengukuran Tingkat Kesiapan Kantor Pemerintahan Desa Dalam Penerapan Masterplan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Perkantoran Desa Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1’, Jurnal Poros Teknik, 7(2), pp. 61–67.
Fitri, R. and Sarno, R. (2010) ‘Maturity Measurement Model of ERP Higher Education Implementation to Improve Costumer Orientation and Service through Education and Training Human Resource Related IT using COBIT 4.1 and Weighted Fishbone Diagram’, in Procceding of International Seminar of Applied Technology, Science, and Arts . 2nd APTECS. Surabaya.
Fitri, R. and Sarno, R. (2011) ‘Ontology Berbobot untuk Perhitungan kedewasaan Berdasarkan Kemiripan Dokumen’, in Seminar Nasional Magister Managemen Teknologi. Surabaya.
ITGI (2007) Framework Control Objectives Management Guidelines Maturity Models. USA: IT Governance Institute.
Maria, E., Fibriani, C. and Sinarta, L. (2012) ‘THE MEASUREMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY PERFORMANCE IN INDONESIAN HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS IN THE CONTEXT OF ACHIEVING INSTITUTION BUSINESS GOALS USING COBIT FRAMEWORK VERSION 4 . 1’, Journal of Arts, Science & Commerce, 3(July 2012), pp. 9–19.
NCC (2005) IT Governance- Developing a successful governance strategy-A Best Practice guide for decision. newyork.
Rozaq, A. and Sarno, R. (2010) ‘Maturity measurement of ERP implementation in student life cycle management based VAL IT Framework’, in The 6th International Conference on Information & Communication Technology and Systems. Surabaya.
Rozas, I. S., Fitri, R. and Rozaq, A. (2010) ‘Penerapan Kontrol Objektif AI 6 dan DS 5 COBIT untuk Meningkatkan Penyelarasan Proses Legalitas Dokumen Lulusan Terhadap Kebutuhan Tata Kelola dan Integritas Informasi serta Keselarasan Terhadap Hukum yang Berlaku’, in Konferensi dan Temu Nasional TIK untuk Indonesia, pp. 1–6.
Sarno, R. (2009a) Audit System Informasi dan Teknologi Informasi. ITS Press.
Sarno, R. (2009b) Strategi Sukses bisnis dengan Teknologi informasi berbasis Balance Scorecard dan COBIT. Surabaya: ITS Press.
Wahyuni, E. D., Pamuji, R. and Nuryasin, I. (2017) ‘PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN SISTEM KRS ONLINE’, in Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), pp. 1–8.
Published
2019-01-08