Rancang Bangun Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Guna Mendukung Aipt Politeknik Negeri Banjarmasin

  • Agus SBN
  • Arifin Noor Asyikin
  • Rif’at Rif’at
Keywords: AIPT, simpadu, akreditasi, P3M

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memasuki revolusi industri 4.0.  Artinya semua sendi kehidupan akan bersandar kepada teknologi-teknologi seperti komputer cerdas, artificial intelligence, layanan-layanan berbasis komputer dan mobile. Politeknik Negeri Banjarmasin melalui P3M terus berbenah untuk meningkatkan layanan penelitian dan datadata penelitian guna mendorong dosen-dosen untuk terus aktif melakukan penelitian.

Sistem informasi yang sudah pernah dibangun pada P3M adalah P3M yang terintegrasi dengan simpadu, dan yang terbaru adalah SIPMA http://sipma.poliban.ac.id/. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) POLIBAN harus ditingkatkan. Salah satu unsur yang harus meningkat adalah layanan akurasi data dan kecepatan data yang sesuai dengan format dan standart AIPT. Dengan menggunakan metode Waterfall Development Model, akan dilakukan analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan program, pengujian program dan penerapan program secara bertahap. Jika ada ketidaksesuaian ditiap tahap, akan segera dikoreksi agar tahap berikutnya tepat. Hasil ujicoba sistem berdasarkan indikator kinerja yang telah ditentukan sebelumnya menunjukkan bahwa sistem yang dibangun telah mampu meningkatkan kinerja pelaporan tiap standar AIPT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed A [et al.] International Journal of Embedded Systems dan Aplikasi (IJESA) Vol.2, No.2, Juni 2012 [Journal] // Controlling and securing. - 2011. - pp. 189-196.
Davis Gordon B Management System Information [Book]. - Newyork : [s.n.], 1996.
Dennis, wixom and Tegarden Systems Analysis and Design [Book]. - 2005.
Farhan Muhammad Sistem Informasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIMIK Palcomtech Palembang Berbasis Web [Journal]. - Palembang : Jurnal Sistem Informasi, 2011.
Gulo W Metodologi Penelitian. [Book]. - Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.
Hartati Eka Website pelaporan kinerja penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Lembaga Penelitian dan pengabdian [Journal]. - Palembang : Jurnal Manajemen Informatika, 2012.
Jogiyanto Analisis Dan Disain Sistem Informasi [Book]. - Yogyakarta : Andi OFFset, 1990.
Kristanto Andri Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya [Book]. - Yogyakarta : Gava Media, 2003.
Prasetyo Dwi Abdi, Nurjayanto Evo and Hamdan Portal Pengabdian Kepada Masyarakat pada LPPM STIMIK Palcomtech [Journal]. - Palembang : Jurnal Manajemen Informatika, 2014.
Published
2019-01-08