Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Perijinan Trayek Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika Kota Banjarmasin

  • Abdul Rozaq
  • Raden Kelik Hardinto
  • Riswan Yunida
Keywords: Informasi, system, transportasi, izin

Abstract

Penyelenggaraan sistem transportasi yang melibatkan operator atau orang pribadi dalam penanganan transportasi umum, diperlukan pengaturan Trayek. Dimana Trayek adalah lintasan kendaraan umum untuk pelayanan jasa angkutan dengan mobil bus, mobil penumpang dan angkutan khusus yang mempunyai asal dan tujuan perjalanan tetap, lintasan tetap dan jadwal maupun tidak terjadwal dalam wilayah daerah. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dalam pengaturan Trayek, maka diperlukan izin trayek. Izin trayek itu sendiri adalah pemberian izin kepada orang pribadi atau badan untuk menyediakan pelayanan angkutan penumpang umum pada atau beberapa trayek tertentu termasuk angkutan taksi. Saat ini dalam pengajuan izin trayek di kota Banjarmasin masih dilakukan secara manual. Dalam pengembangan sistem Informasi perijinan trayek, diperlukan sebuah kajian berdasarkan kajian akademis dan teknis di lapangan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain Persiapan, Kajian Peraturan dan Studi Literatur, Pengumpulan data primer dan sekunder, Analisis data, Penyusunan Naskah Akademis hasil Kajian Pengembangan Sistem Informasi Perijinan Trayek Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika Kota Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed A [et al.] International Journal of Embedded Systems dan Aplikasi (IJESA) Vol.2, No.2, Juni 2012 [Journal] // Controlling and securing. - 2011. - pp. 189-196.
Davis Gordon B Management System Information [Book]. - Newyork : [s.n.], 1996.
Dennis, wixom and Tegarden Systems Analysis and Design [Book]. - 2005.
Farhan Muhammad Sistem Informasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIMIK Palcomtech Palembang Berbasis Web [Journal]. - Palembang : Jurnal Sistem Informasi, 2011.
Gulo W Metodologi Penelitian. [Book]. - Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.
Hartati Eka Website pelaporan kinerja penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Lembaga Penelitian dan pengabdian [Journal]. - Palembang : Jurnal Manajemen Informatika, 2012.
Jogiyanto Analisis Dan Disain Sistem Informasi [Book]. - Yogyakarta : Andi OFFset, 1990.
Kristanto Andri Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya [Book]. - Yogyakarta : Gava Media, 2003.
Prasetyo Dwi Abdi, Nurjayanto Evo and Hamdan Portal Pengabdian Kepada Masyarakat pada LPPM STIMIK Palcomtech [Journal]. - Palembang : Jurnal Manajemen Informatika, 2014.
Valacich, George and Hoffer Essentials of Systems Analysis and Design (5th Edition) [Book]. - 2012.
Published
2019-01-08