Manual Select Switch Mode Untuk Penanganan Diagnosis Trouble Code Pada Sistem Injeksi Sepeda Motor Suzuki
Abstract
Sistem kode diagnosa kerusakan fuel injection sepeda motor Suzuki ditampilkan pada panel speedometer dengan tampilan lampu merah bertuliskan FI, lampu ini akan menyala apabila terjadi gangguan pada mesin berdasarkan masukan sinyal yang berasal dari sensor sensor yang bermasalah, untuk mengetahui sensor mana yang mengalami gangguan dan menyebabkan masalah, kita harus melakukan prosedur self diagnosis. Penelitian yang dirancang merupakan sebuah model dan teknologi tepat guna untuk penanganan diagnostic trouble code (DTC) pada sepeda motor Suzuki. Manual select switch mode dirancang sebagai cara mudah dan murah untuk menggantikan fungsi scan tool pada permasalahan di sistem injeksi bahan bakar. Pada penelitian ini sebuah alat manual, mode select switch, digunakan untuk memunculkan kode kedipan pada sistem kode diagnosa kerusakan sepeda motor. Kode kedipan yang muncul nantinya akan diterjemahkan dengan tabel OBD code untuk dapat diketahui komponen mana yang mengalami gangguan atau masalah. Hal berikutnya adalah menggunakan mode select switch untuk fungsi reset pada memori ECM (Engine Control Modul) sehingga kendaraan menjadi normal kembali. Menggunakan metode eksperimental dengan manipulasi terhadap obyek penelitian disertai kontrol. Objek pada penelitian ini adalah unit sepeda motor Suzuki shogun FL 125. Luaran yang diharapkan adalah sebuah produk terapan berupa pengembangan teknologi tepat guna yang memungkinkan dapat dimanfaatkan masyarakat.
Downloads
References
Divisi Service R-2. 2011. Buku Panduan Perawatan Sepeda Motor – Body dan Sistem Kelistrikan. PT. Suzuki Indomobil Sales. Jakarta
Divisi Service R-2. 2011. Buku Panduan Perawatan Sepeda Motor – Mesin. PT. Suzuki Indomobil Sales. Jakarta
Tom Denton. 2004. Automobile Electrical and Electronic Systems. Third Edition. Oxford: Charon Tec Pvt. Ltd.