Rancang Bangun Sistem Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Di Politeknik Negeri Banjarmasin Berbasis Web

  • Muhammad Reza Ramadhani
  • Rahimi Fitri
  • Isna Wardiah
Keywords: Metode Waterfall, PHBD, PKM, Sistem Informasi

Abstract

Lomba karya tulis ilmiah mahasiswa dilaksanakan tiap tahun di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Dua diantaranya yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan Program Hibah Bina Desa (PHBD). Pengajuan usulan karya tulis ilmiah merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan oleh peserta jika ingin mengikuti ajang lomba ini. Untuk saat ini proses pengajuan usulan masih dilakukan dengan cara manual menggunakan sistem pencatatan dan pembukuan, sehingga akan berpengaruh pada ketidakkonsistenan data yang dicatat dengan data sebenarnya apabila suatu saat terdapat perubahan, selain itu juga resiko kehilangan file data usulan dari peserta. Maka dari itu penulis memiliki tujuan untuk mengubah sistem tersebut agar menjadi lebih efisien, efektif dan data yang tersimpan lebih terstruktur dan akurat dengan membuat sebuah sistem informasi lomba karya tulis ilmiah di Poliban. Dalam proses merancang dan membangun sistem informasi lomba karya tulis ilmiah untuk Poliban ini penulis melakukan tahapan-tahapan penelitian dengan menggunakan metode waterfall. Sistem informasi ini nantinya akan digunakan setiap tahun di Poliban sebagai sistem yang berguna untuk mengajukan dan menyimpan usulan karya tulis pada ajang lomba karya tulis ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, edisi revisi. Yogyakarta : Gava Media.
Ramadhani, Muhammad Reza. 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah di Politeknik Negeri Banjarmasin Berbasis Web. Tugas Akhir. Banjarmasin : Politeknik Negeri Banjarmasin.
Suprapto, dkk. 2008. Bahasa Pemrograman Untuk SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Wiadly, Keby M. 2017. Sistem Informasi Akademik Pada SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin Berbasis Web. Tugas Akhir. Banjarmasin : Politeknik Negeri Banjarmasin.
Published
2020-01-08