Sistem Informasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan Berbasis Web Gis (Studi Kasus : Bnpb Kalimantan Selatan)

  • Wanvy Arifha Saputra
  • Evi Widiastuti
Keywords: Kebakaran Hutan, GMAP, PHP, MySQL

Abstract

Pada BNPB mempunyai aplikasi khusus berbasis GIS, yang dapat menginformasikan peta lokasi titik api dari sebuah hutan dengan menggunakan poto pencitraan dari satelit. Dan informasi tersebut akan diteruskan kepada BPBD Daerah untuk mengontrol dan mengatasi bencana kebakaran yang akan terjadi. Namun pada BNPB Provinsi Kalimantan Selatan, untuk informasi dari setiap kejadian kebakaran hutan yang terjadi belum diterapkan ke dalam sistem informasi yang ada.  Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang bisa memperbaharui sistem lama yaitu dengan membangun sistem informasi tanggap darurat bencana kebakaran hutan berbasis web gis atau dapat disebut juga sebagai SIGTA. Rancang bangun sistem ini menggunakan bahasa php, peta menggunakan GMAP dan database MySQL. Sistem informasi ini diperlukan untuk menyimpan informasi kejadian kebakaran hutan, pencarian instansi terdekat dan jumlah korbannya. Berdasarkan hasil analisis dari implementasi sistem ini diperoleh hasil dari responden yang menjawab sistem ini bermanfaat dan cukup sesuai dengan pelaksanaan adalah sebesar 70 %. Sementara 30% lainnya mengharapkan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut terhadap sistem ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kadir. Abdul., 2010, From Aero to be a Pro:CSS Tip dan Trik untuk Menyertakan Cascading Style Sheet dalam Halaman Web, Andi, Yogyakarta
PERMENAKER 05/MEN/1996 tentang prosedur menghadapi keadaan darurat atau bencana, prosedur menghadapi insiden dan prosedur rencana pemulihan keadaan darurat.
Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 051 Tahun 2013 tentang prosedur tetap operasi tindakan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di wilayah provinsi Kalimantan Selatan.
Saputra. Agus., 2011, Panduan Praktis Menguasai Database Server MySQL, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Sidik. Betha., 2011, JavaScript, Informatika, Bandung
Solichin. Achmad., 2010, MySQL 5 Dari Pemula Hingga Mahir, ebook, Achmatim.net. Jakarta
Sukarno. Mohammad., 2006, Membangun Website Dinamis Interaktif dengan PHP-MySQL (Windows & Linux), Eska Media, Jakarta
Syarif. Muhammad., 2013, Sistem Informasi Absensi Karyawan Dengan Menggunakan Borland Delphi 7, Politeknik Negeri Banjarmasin, Banjarmasin
Published
2020-01-08