Implementasi Model In The Loop (Mil) Dan Hardware In The Loop (Hil) Sebagai Sarana Penunjang Praktikum

  • Angga Wahyu Aditya
  • Restu Mukti Utomo
  • Hilmansyah Hilmansyah
  • Deo Elison
  • Muhammad Noor Khadafi
  • Muhammad Kikis Wonojati
Keywords: MIL, HIL, STM32F4, MATLAB/SIMULINK

Abstract

Secara umum, paper ini membahas tentang perbandingan antara Model in The Loop (MIL) dengan Hardware in The Loop (HIL).  MIL merupakan langkah awal dari model design controller. HIL adalah teknik pengujian dinamis yang mensimulasikan input/output perilaku dari sistem fisik yang di interface ke sistem kontrol. Pengujian Hardware In The Loop HIL memungkinkan desainer untuk mensimulasikan perilaku real-time dan karakteristik dari sistem, sehingga untuk menguji perangkat Under Test (DUT) yang beroperasi pada sistem fisik, tanpa perlu perangkat keras yang sebenarnya atau lingkungan operasional. Didalam penggunaannya, MIL hanya bisa mensimulasikan saja. Sedangkan, HIL di dalam penggunannya dapat melakukan simulasi dan percobaan pada hardware/plant. Hardware/plant yang digunakan yaitu STM32F4. Pada akhirnya, penggunaan sistem HIL lebih cocok diterapkan pada politeknik dibandingkan dengan MIL. Hal ini dikarenakan praktikum yang terdapat pada politeknik bukan hanya sekedar simulasi tetapi juga harus meliputi simulasi dan percobaan pada hardware/plant agar mahasiswa/i lulusan politeknik dapat memiliki ilmu dan keterampilan yang sesuai dengan keadaan nyata di dunia industri. Penggunaan HIL juga dapat mengatasi kurang memadainya alat – alat dan bahan – bahan penunjang simulasi dan praktikum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aravind Krishnan B, A. S. (2017). Digital Sensor Simulation Frame Work for Hardware-in-the-loop Testing. International Conference on Intelligent Computing,Instrumentation and Control Technologies, 1-5.
F. C. Nemtanu, I. M. (2017). Hardware in the Loop Simulation Platform for Intelligent Transport Systems. International Symposium for Design and Technology in Electronic Packaging, 1-4.
J. Y. Hwang, S. J. (2016). BCD to 7-segment decoder with oxide thin film transistors. 1-2.
Kourosh Rahnamai, J. R. (2017). State Space Design Cycle and Hardware in the Loop Testing and Verification. 1-4.
Luca Bertoletti, X. J. (2017). Hardware-in-the-Loop Simulation for Testing Low. IEEE, 1-5.
M. A. Tăut, G. C. (2017 ). Model-in-the-Loop for determining the parameters of a DC motor. IEEE 23rd International Symposium for Design and Technology in Electronic Packaging , 1-7.
Mariorosario Prist, E. P. (2017). Modelling and Hardware-In-the-Loop Simulation for Energy Management in Induction Cooktops. IEEE 7th International Conference on Consumer Electronics, 1-2.
Mircea Ruba, N. H. (2016). Real-Time FPGA Model in the Loop Analysis of Permanent Magnet Synchronous Machine for LEV. International Conference and Exposition on Electrical and Power Engineering, 1-6.
Oscar Goñi, A. S. (2014). Resolution Analysis of Switching Converter. IEEE TRANSACTIONS ON INDUSTRIAL INFORMATICS, 1-9.
Plummer, J. H. (2016). Compensator Design for Model-in-the-Loop. UKACC 11th International Conference on Control, 1-6.
Turlea, A. (2018). Search based Model in the Loop Testing for Cyber Physical Systems. IEEE 16th International Conference on Embedded and Ubiquitous Computing, 1-7.
Vishal Saxena, S. B. (2011). Systematic Design of Three-Stage Op-amps using Split-Length Compensation . 1-4.
Published
2020-01-08