Pengaruh Aplikasi Generator Hho Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Kualitas Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Konvensional

  • Muhammad Khalil
  • Ika Kusuma Nugraheni
  • Anggun Angkasa Bela Persada
Keywords: Gas HHO, Elektrolisis Air, Mesin Bensin

Abstract

Setiap tahun terjadi pertumbuhan penduduk diiringi tingkat ekonomi masyarakat Indonesia semakin meningkat sehingga pemenuhan akan kebutuhan sarana transportasi juga meningkat. Kendaraan dengan bahan bakar minyak masih mendominasi pasar Indonesia. Minyak merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu langkah alternatif yang dapat menekan penggunaan minyak untuk kendaraan adalah pemanfaatan gas hydrogen hydrogen oxygen (HHO) yang digunakan sebagai masukan tambahan pada proses pembakaran dari mesin bensin konvensional. Gas HHO ini dapat diperoleh melalui elektrolisa air. Melalui proses elektrolisis air maka akan diperoleh dua molekul gas hidrogen serta satu molekul gas oksigen. Pada proses pembakaran juga diperlukan oksigen sehingga kedua gas dapat langsung dimanfaatkan secara bersamaan yaitu hidrogen sebagai bahan bakar dan oksigen sebagai udara. Untuk dapat menghasilkan gas HHO melalui elektrolisis air maka dapat dilakukan dengan membuat generator HHO dengan sumber energi listrik diambil dari kendaraan melalui regulator daya. Selanjutnya gas HHO digunakan sebagai input tambahan pada bagian intake udara kendaraan. Pada penelitian ini diuji dua generator HHO dengan eletroda yang berbeda. Generator HHO dengan elektroda aluminium dapat meningkatkan durasi mesin menyala yaitu selama 575.7 s, menurunkan konsumsi spesifik menjadiĀ  0.0313 ml/s serta penghematan hingga 19.77%. Selain dapat mengurangi konsumsi bahan bakar, penggunaan gas ini juga dapat meningkatkan prestasi kerja mesin dan memperbaiki kualitas emisi gas buang. Generator HHO dengan elektroda stainless steel menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan generator aluminium. Kadar CO yang dihasilkan sebesar 0.9% dan 5.1% untuk CO2. Sedangkan kandungan HC dengan penggunaan generator HHO tidak lebih baik daripada kondisi standar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AISI, 2019, Statistic Domestic Distribution and Export, AISI, Jakarta.
Bappenas, 2013, Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035, Badan Pusat Statistik, Jakarta.
Fuel Cell Today, 2013, Water Electrolysis & Renewable Energy Systems, Fuel Cell Today, Royston.
Gaikindo, 2019, Indonesian Automotive Industry Data by Brand Jan-Dec 2018, Gaikindo, Jakarta.
Masters, G. M, 2004, Renewable and Efficient Electric Power Systems, John Wiley & Sons, Inc, Hoboken.
Moran, M. J., Shapiro, H. J., Boettner, D. D., & Bailey, M. B, 2011, Fundamentals of Engineering Thermodynamics, John Wiley & Sons, Inc, Hoboken.
Pulkrabek, W. W, 1997, Engineering Fundamental of The Internal Combustion Engine, Prentice Hall, New Jersey.
Published
2020-01-08